Rabu, 26 Januari 2011

Terapi Latihan William Fleksion Exercise


William Fleksion Exercise adalah adalah suatu latihan yang ditujukan pada otot fleksor lumbosacral spine khususnya m. abdominalis dan gluteus maksimus.

Tujuan

Menurunkan nyeri dengan cara meningkatkan kekuatan otot abdominal dan lumbosacral serta mengulur back ekstensor.

Petunjuk

Latihan inin harus dilakukan setiap hari dan dihentikan atau tidak boleh dilakukan saat timbul rasa nyeri.

Pelaksanaan

1. Pasien rileks dan comfortable

2. Posisi awal

Pasien tidur terlentang dengan lutut bengkok dan kaki dirapatkan di bed. Lalu kontraksikan otot punggung dengan menekan bed selama 5 detik, kemudian rileks.

Ini diulang selama 10 kali latihan. tempatkan tangan di bawah punggung untuk memastikan punggung pasien datar.

3. Posisi sama dengan latihan pertama, dengan kedua lengan menyilang di dada dan kepala penderita sentuhkan ke dada, angkat hingga bahu meninggalkan bed dan kontraksikan otot perut selama 6 detik atau 6 kali hitungan, lalu rileks. Lakukan latihan sebanyak 10 kali dalam setiap kali pengobatan.

4. Posisi sama dengan no.3, dilakukan dengan mengangkat kedua tungkai dalam posisi lutut bengkok dengan mengangkat kepala dan bahu selama 10 kali setiap 5 detik. Yang penting diperhatikan latihan ketiga dan keempat ini ialah membawa lutut kearah dagu sekuat mungkin sebelum dibantu dengan kedua tangan penderita sampai menyentuh dada.

5. Posisi pasien tidur tengkurap dengan kedua lengan menyangga badan, lalu tarik satu tungkai ke depan dengan fleksi lutut dan hip dan tekan ke bawah, dilakukan 10 kali secara bergantian antara satu tungkai dengan tungkai lainnya.

6. Posisi berdiri/bersandar di tembok badan rapat dengan jarak tumit dari dinding 4-6 inci, kemudian pasien menggeser tungkainya ke depan dengan belakang tetap menempel di tembok dan posisi ini dipertahankan selama 10 detik dan dilakukan secara berulang dan ditingkatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar